1
13

15+ Cara Memperlakukan Dan Merawat Kucing

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas kucing, mengapa kucing? karena saya menyukai nya bukan hanya lucu tapi juga dapat menghilangkan rasa galau, kalo saya sedang bosan, kucing juga dapat di jadikan penjaga rumah dari serangan tikus,

Sejarah kucing :

Hasil gambar untuk kucing

Pada zaman dahulu kucing di percaya sebagai titisan dewa pada zaman fir’aun, karena di percaya kucing memiliki 9 nyawa, tetapi di Eropa 3000 tahun yang lalu, kucing di percaya sebagai pembawa sial dan titisan tukang sihir, hingga pada  saat itu kucing di basmi hingga habis, setelah itu eropa terkena wabah Penyakit Pes, yang di sebabkan oleh tikus yang berkembang pesat

Kucing Nabi :

Hasil gambar untuk kucing abu abu

Diceritakan dalam sebuah kisah, Nabi Muhammad SAW mempunyai seekor kucing yang diberi nama Mueeza. Suatu saat, dikala nabi hendak mengambil jubahnya, di temuinya Mueeza sedang terlelap tidur diatas jubahnya. Tak ingin membangun hewan kesayangannya itu, nabi pun memotong belahan lengan yang ditiduri Mueeza dari jubahnya. Pada saat Nabi kembali ke rumah, Muezza terbangun dan merunduk sujud kepada majikannya. Sebagai balasan, nabi menyatakan kasih sayangnya dengan mengelus dengan lembut ke badan mungil kucing itu sebanyak 3 kali.

Nabi pernah berkata barangsiapa dan di riwayatkan oleh Bukhori dalam hadistnya dikisahkan ada seorang wanita yang tidak pernah memberi makan kucingnya, dan tidak pula melepas kucingnya untuk mencari makan sendiri, Nabi pun menerangkan bahwa hukuman bagi wanita ini adalah siksa neraka.

Penghormatan kepada kucing pasca meninggalnya Nabi :

Hasil gambar untuk kucing masjid

seorang sultan yang merupakan pahlawan garis depan dalam perang salib sengaja membangun taman-taman khusus untuk kucing dan menyediakan berbagai jenis makanan di dalamnya. Tradisi ini berubah menjadi adat istiadat di berbagai kota-kota besar negara islam. Hingga pada saat ini, mulai dari Damaskus, Istanbul hingga kairo, masih bisa kita jumpai kucing-kucing yang berkeliaran di pojok-pojok masjid tua dengan berbagai macam makanan yang disediakan oleh penduduk setempat.

15+Cara Memperlakukan Dan Merawat Kucing Dengan benar dan baik :

Hasil gambar untuk kucing makan

Di Sini saya akan memberikan Beberapa cara Memperlakukan kucing Dengan baik dan benar, Berikut adalah 15 Cara Memperlakukan kucing dengan benar dan baik :

  • Menyisir Rambutnya agar tidak rontok :

Bagi kalian yang memiliki kucing jenis Angggora atau Persia sebaik nya harus sering menyisir bulunya karena hampir setiap 2 jam sekali kucing akan menjilati badannya, dan terkadang jika kucing Menjilati badannya banyak bulu yang berterbangan untuk mencegahnya kalian dapat menyisir bulunya setiap waktu, namun jika kalian memiliki kucing jenis Maine Coon kalian cukup menyisirnya setiap seminggu sekali karena kucing jenis ini berbulu dengan panjang medium, dan untuk kucing dengan berbulu pendek kita cukup untuk mengelusnya saja

  • Memotong kukunya :

Kucing yang telah berbulan-bulan tidak di potong kukunya biasanya akan terlihat menonjol keluar kukunya, untuk mengatasinya kita harus rutin setiap 1bulan sekali, karena jika di biarkan akan membawa kuman pada kukunya, cara memotongnya pun harus hati-hati karena kucing sangat sensitif jika sedang di potong kukunya, dan sebelum di potong harus di basuh dulu menggunakan kain dan air hangat, agar kotoran yang menempel hilang, setelah itu baru potong kukunya.

  • Membersihkan Telinganya :

Biasanya para pemilik kucing sering melupakan hal ini, padahal terdapat banyak kuman pada kucing yang telinganya kotor, mari kita bahas bagaimana agar telinga kucing kita bersih. Caranya sangat mudah kita hanya memerlukan kain dan air hangat, pertama kita basahi kainnya dengan air hangat, lalu bersihkan secara perlahan telinga kucing tersebut, untuk membersihkan telinga kucing kita cukup melakukannya 1 seminggu sekali.

  • Memandikannya :

Biasanya Kucing yang di mandikan berasal dari jenis anggora dan Maine Coon dan jenis lainya yang berbulu sedang sampai lebat cara. Memandikan kucing cukup 1 bulan sekali dan harus menggunakan air hangat dan harus memandikan dengan cara yang halus,dan tidak membuat kucing menjadi stres dan trauma

  • Memijat Kucing :

Memijat kucing juga merupakan cara memperlakukan kucing dengan baik dan benar, karena kucing juga membutuhkan kasih sayang dari sang majikan, kucing sangat suka jika majikannya mengelus atau memijat badannya, biasanya kucing akan merespon dengan bertingkah manja pada majikannya saat di pijat.

  • Memotong kumis :

Biasanya para pemilik kucing sering melupakan hal tersebut, Kucing harus di potong kumis nya setiap 1 bulan sekali karena kumis kucing akan terus tumbuh dalam sebulan dapat memanjang 5-7 cm makanya kita harus memotongnya agar terlihat lebih cantik dan lebih imut, memotong disini bukan semuanya melainkan hanya 4-5 cm saja setiap bulannya.

  • Check up pada Dokter hewan :

ini juga merupakan cara memperlakukan kucing dengan baik dan benar dengan kita rutin mengecek kesehatan si kucing untuk memastikan tidak adanya penyakit dalam tubuh si kucing dan juga untuk di suntikan Vaksin pencegah penyakit, Kegiatan ini dapat dilakukan setiap 1 bulan sekali dan harus rutin.

# Cara Merawat Kucing Dengan benar

Hasil gambar untuk kucing minum

  • Memberinya Makan secara teratur :

Memberi kucing makan merupakan salah satu cara merawat kucing dengan benar, kucing yang sehat biasanya sangat teratur di beri makan oleh sang majikannya, biasanya untuk kucing jenis bulu lebat di beri makan berupa makanan kucing yang berbentuk biskuit dan whiskas kaleng (ikan yang sudah diberi nutrisi) karena mengandung banyak nutrisi untuk, kebutuhannya.

  • Memberi minum dengan air yang Bersih :

Kita juga harus memperhatikan air yang akan kita berikan kepada kucing, karena kucing sangat sensitif terhadap penyakit, bila perlu harus di cek dulu menggunakan alat pengukur kadar kebersihan air, dan harus di bersihkan dulu wadah yang akan di gunakan.

  • Memberi Vitamin dan Vaksin :

Memberi Vitamin juga merupakan cara merawat agar kucing tetap sehat dan kuat serta mencegah dari serangan penyakit, dan suhu udara yang tidak stabil, untuk Suntik Vaksin cukup Dilakukan 1 bulan sekali, bertujuan untuk menjaga metabolisme tubuh si kucing dari serangan penyakit dan Virus yang berbahaya.

  • Membersihkan kandang :

Kegiatan ini juga wajib Dilakukan jika kalian yang memiliki kucing yang kalian taruh di dalam kandang karena jika tidak dilakukan akan menyebabkan datangnya penyakit bagi si kucing maupun sang majikannya, kegiatan ini dilakukan setiap seminggu sekali jika dan harus sampai bersih dalam praktek nya.

  • Mengganti pasir kandang :

Mengganti pasir juga wajib kalian lakukan karena pasir yang sudah tercampur kotoran sudah tidak baik untuk digunakan kembali, oleh karena itu wajib bagi kalian yang memiliki kucing yang buang hajat di pasir, wajib untuk ganti pasir setiap seminggu 2 kali untuk mencegah datangnya penyakit dan Virus dan hama lalat.

  • Menggunakan wadah makan yang baik :

Jika kucing kalian memakan sesuatu dengan wadah, pastikan wadah itu tidak kotor, berdebu dan berbau karena itu dapat mempengaruhi kesehatan si kucing tersendiri, dan efeknya dapat mengenai sang majikannya jika si kucing sudah sakit.

  • Mencuci Alat Pembersih kandang :

Ini juga merupakan kewajiban bagi kita untuk membersihkan atau mencuci alat yang sudah kita gunakan untuk membersihkan kandang si kucing, misalnya serok pasir sikat kandang dan lain-lain yang berhubungan dengan kandang wajib untuk kita bersihkan dan kita mencuci nya hingga bersih dan wangi.

  • Mencuci Mainan kucing :

Ini merupakan hal yang sepele namun berdampak fatal jika dilalaikan karena Virus dan penyakit dapat masuk lewat debu dan udara maka dari itu untuk mencegahnya kita harus membersihkan apapun yang akan di gunakan termasuk mainan si kucing ini.

Mungkin sekian dari saya kurang Lebihnya saya mohon maaf sebesar-besarnya

GOOD BYE SEE YOU A GAIN

 

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

%d bloggers like this: