10+Hewan Peliharaan Yang Cocok Untuk Dirumah

Hewan merupakan teman yang sangat unik dan menarik bagi kita apalagi jika hewan itu lucu dan menggemaskan. Memilihara hewan juga tidak boleh sembarangan harus mengerti cara merawatnya dan juga harus bisa menjaganya. Hewan juga harus sudah jinak terhadap pemiliknya dan bukan hanya jinak tetapi juga bisa menuruti tuannya. Hewan buas bukanlah pilihan yang tepat untuk dipelihara dirumah, dikarenakan dapat membahayakan pemiliknya.

 

Binatang seperti singa atau macan dan hewan-hewan lainnya yang bercakar lebih baik dihindari untuk dipelihara kecuali jika kita memiliharanya dari sejak kecil itu dapat mengurangi resiko penyerangan yang dapat dia lakukan. Jika kita memlihara reptil lebih baik kita hindari yang jenis seperti ular yang berbisa dan yang memiliki racun mematikan. Hewan reptil yang tidak terlalu berbahaya seperti kadal gurun atau kadal terbang, bunglon dan lain-lain

Berikut ini saya akan membahas beberapa hewan yang dapat dijadikan hewan peliharaan di rumah yang tidak terlalu membahayakan sang pemiliknya dan orang disekitarnya berikut kita bahas satu-persatu :

 

1. Kucing Aneka Jenis

Hewan peliharaan haftron.com
1freewallpapers.com

Kucing merupakan hewan yang sangat cocok sekali untuk dipelihara di rumah. Terlebih lagi jika kucing yang kita pelihara merupakan jenis yang lucu dan berbulu halus dan terlebih lagi jika kita memelihara kucing langka seperti Kucing gunung, kucing mesir, kucing maincoon, Double eyes colour dan masih banyak yang lainnya, Kucing juga bisa di jadikan penjaga rumah dari serangan hama tikus yang susah dibasmi oleh tuannya.

 

2. Kelinci ( Bukan Yang ternak )

hewan peliharaan haftron.com
YouTube.com

Kelinci juga merupakan salah satu hewan yang lucu dan ada dua jenis kelinci didunia ini dan keduanya sama lucunya. Namun keduanya berbeda yang pertama adalah kelinci hias yang kedua adalah kelinci konsumsi atau ternak. Biasanya kelinci ternak akan diolah menjadi sate atau dibuat sop kelinci dan kelinci hias biasanya berasal dari jenis anggora sama seperti kucing hanya saja kucing bulunya lebih lembut.

Baca juga Ekspresi kucing paling Lucu

3. Bunglon

hewan peliharaan haftron.com
youtube.com

Bunglon merupakan reptil yang cukup aman untuk dipelihara dirumah apalagi ukuran badannya yang tidak terlalu besar dan mudah untuk merawatnya terlebih bunglon adalah hewan yang sangat unik bukan hanya bentuknya yang unik perubahan warna pada tubuhnya juga menjadi ciri khas tersendiri bagi bunglon dan fungsi perubahan warna pada bunglon ada dua pertama untuk menghindari musuh yang kedua untuk berburu mangsanya.

 

4. Hamster

hewan peliharaan haftron.com
boredpanda.com

Hewan yang satu ini merupakan banyak diminati apalagi bentuknya yang lucu dan menggemaskan. Cara merawatnya juga tidak terlalu sulit dan tergolong mudah dipelihara dirumah apalagi ukuran tubuhnya yang kecil jadi tidak memerlukan kandang yang besar dan makanannya pun tidak terlalu sulit untuk dicari seperti sayuran dan buah-buahan yang mudah didapatkan di pasar ataupun di supermarket terdekat.

Baca juga cara merawat kucing

5. Tokek Albino

hewan peliharaan haftron.com
hasbitubehd.com

Tokek merupakan reptil yang bentuknya hampir mirip dengan cicak namun ukurannya saja yang lebih besar. Dan tokek itu memiliki cakar dan gigi yang tajam tekstur kulitnya juga lebih kasar dan memiliki corak-corak pada tubuhnya. Untuk jenis Albino memiliki beberapa warna yang pertama warna kuning dan yang kedua berwarna orange dengan corak coklat pada tubuhnya tokek jenis ini banyak sekali peminatnya terutama diindonesia.

 

6. Kadal Gurun Berduri

hewan peliharaan haftron.com
iyakan.com

Kadal jenis ini banyak ditemukan di gurun australia dan didaerah gurun timur tengah binatang ini sangat suka dengan tempat yang gersang dan panas, dia biasanya akan mencari semut yang ada di daerah gurun  pada siang hari. Semut adalah santapan utama dari hewan ini dalam sehari kadal gurun ini dapat memakan sekitar 1000 semut bahkan lebih. Jadi tidak terlalu sulit untuk mencari makannya ya… tinggal pancing aja semutnya pake gula hehe…..

 

7. Iguana Hijau

hewan peliharaan haftron.com
youtube.com

Iguana masih saudara dengan biawak tetapi bedanya pada bentuk kulitnya dan kepala iguana cenderung hewan yang pendiam dan lebih sering berdiam diri dipohon dan tempat terbuka iguana termasuk hewan yang malas di siang hari biasanya dia akan aktif pada sore dan pagi hari saja karena itu adalah waktu makannya. Untuk makanan hewan tampang seram ini ternyata pemakan sayuran dan buah-buahan segar jadi makanannya mudah didapat.

 

8. Kura-kura

hewan peliharaan haftron.com
dongenganakdunia.com

Hewan yang satu ini merupakan sering dijadikan primadona bagi para pecintanya dirumah dan terkadang di pelihara dengan cara yang spesial seperti di buatkan tempat tinggal yang di bawahnya terdapat sebuah kolam yang luas dan indah dengan beberapa hiasan. Cara merawat kura-kura itu tidak terlalu sulit asalkan kita tidak membuatnya mudah stres. Kalo makanan kura-kura biasanya akan memakan sayuran seperti sawi, wortel dan beberapa potong buah.

 

9. Burung Hantu

hewan peliharaan haftron.com
hargaburung.id

Hewan yang satu ini mudah dipelihara jika sudah jinak dan cara merawatnya juga tidak terlalu susah apalagi burung hantu tidak memerlukan kandang seperti burung yang lainnya kita hanya memerlukan pohon atau tempat bertengger lainnya yang bisa digunakan untuk tempat tinggal si burung hantu dengan cara mengikatkan rantai kecil ke bagian kaki dan di ikatkan di pohon atau tempat bertengger, Untuk makanan burung ini memakan daging.

 

10. Landak Mini

hewan peliharaan haftron.com
muslimobsession.com

Landak mini merupakan salah satu hewan yang paling lucu di kalangan masyarakat apalagi bentuknya yang lucu dan cara merawatnya juga tidak terlalu sulit dan untuk kandangnya kita hanya memerlukan kotak kosong yang diisi dengan ampas kayu yang di padatkan lalu untuk makanannya landak mini ini memakan pakan kucing tetapi terkadang dia harus makan sayur dan buah disamping itu landak mini juga harus dikasih ulat hongkon untuk nutrisi.

 

Mungkin hanya segini saja yang bisa saya sampaikan kurang lebihnya saya mohon maaf sebesar-besarnya

 

Good Bye See You Again

 

 

 

Leave a Comment

%d bloggers like this: