4

15+Mobil MPV yang Cocok Untuk jalan-jalan bareng Keluarga ( Penjelasan Lengkap )

Mobil MPV- Dalam dunia otomotif Salah satu kendaraan yang paling laris saat kini masih di pegang oleh Mobil. Kendaraan satu ini memang sangat berguna, dari pertama kali di temukan mobil sudah banyak sekali peminatnya terlebih ketika tahun 1900-an. Di mana pada saat itu perkembangan teknologi sedang maju-majunya dan hingga sekarang pun teknologi masih terus berkembang.

Salah satu jenis mobil yang saat ini banyak di minati adalah Multi Purpose Vehicle ( MPV ), mobil berkapasitas 7-8 orang ini, memang sedang di gemari oleh banyak keluarga di seluruh dunia tak terkecuali di indonesia sendiri. Mobil MPV memiliki peminat yang cukup besar di indonesia, selain ukurannya pas untuk keluarga harganya juga lebih murah ketimbang SUV.

Namun ada juga beberapa orang yang membeli mobil ini untuk kepentingan kantor dinas atau sebagai mobil perusahaan dan lain sebagainya. Dari segi desain mobil MPV Generasi baru memang jauh lebih bagus dari tahun-tahun sebelumnya. Pada dasarnya mobil MPV merupakan mobil yang serba guna, bisa untuk mobil kantoran, jualan hingga mobil keluarga.

Jenis-Jenis Mobil MPV

Mobil MPV merupakan salah satu jenis kendaraan yang merajai jalanan, hampir di setiap jalan kita akan menemuinya dengan berbagai merk seperti toyota, Honda, Mitsubishi, daihatsu dan berbagai merk lainnya namun banyak dari kita yang belum mengetahui, bahwasannya mobil MPV ini memiliki dua jenis. Jika kalian penasaran, langsung aja simak penjelasan di bawah ini :

  • Semi MPV

Perbedaan yang dapat kita lihat dari semi MPV adalah dari segi tampilan dan mesin, mobil jenis ini memiliki tampilan depan seperti SUV namun memiliki body yang ramping dan terbentuk, layaknya MPV. contoh Mobil Semi MPV ini di indonesia adalah Daihatsu Terios dan Toyota Rush.

Kedua mobil ini memiliki tampang layaknya SUV, namun tanpa kita sadari sebenarnya mobil ini adalah jenis MPV. Hanya saja terdapat beberapa perbedaan pada bagian-bagian tertentu seperti bagian muka, mesin, kerangka dan lainnya.

  • Original MPV 

Kalo jenis yang satu ini pasti kalian pasti sudah kenal dan sudah banyak di jalanan indonesia. Diantara keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, kekurangan dari MPV jenis original ini adalah lunaknya kerangka dari mobil ini.

Kita bisa melihatnya pada bangkai mobil mpv bekas kecelakaan, pasti kerangkanya hancur tak berbentuk beda jika yang kecelakaan SUV, pasti bagian kerangkannya masih terbentuk walaupun yang lainnya hancur, namun bentuk kerangkanya pasti masih ada.

Melihat perbedaan dari kedua jenis mobil di atas kita dapat mengambil beberapa point penting di sini yang pertama adalah kalian dapat berunding dengan keluarga untuk memutuskan jenis Mobil MPV mana yang akan di beli.

Kedua adalah kalian bisa mengecek langsung perbedaan dari kedua jenis mobil tersebut dengan cara datang langsung ke dealer. Syukur-syukur di kasih test drive oleh dealernya, sehingga kita dapat merasakan perbedaannya secara langsung.

Mungkin langsung saja kita Bahas Macam-macam mobil MPV pilihan Keluarga Indonesia yang siap melaju di jalanan sebagai berikut :

1. All New Suzuki Ertiga

Ertiga kembali menjadi kekuatan Suzuki dalam pertarungan segmen Low MPV yang kian berat. Apalagi ada saingan baru, Mitsubishi Xpander yang sedang naik daun. Desain keren dan fitur lengkap, jadi suatu kewajiban agar mampu memikat pasar. Tentu sebuah pekerjaan rumah tidak mudah, bagi pabrikan manapun yang bermain di kelas ini.

Dari generasi sebelumnya ada banyak perubahan dari ertiga yang sekarang diantaranya adalah Desain dasbor mengalami ubahan dramatis. Panel kayu banyak menghias agar tampak semakin mewah, khususnya di tipe tertinggi. Setirnya terlihat sporty pakai desain sama seperti Suzuki Swift dan Dzire di India. Namun, tidak bisa diatur jangkauannya, hanya tilt steering saja.

2. All New Toyota Innova Venturer

Dalam perjalanan hidupnya Toyota Innova merupakan salah satu mobil MPV paling tua di Toyota umurnya hampir 15 tahun lamanya. Tak ingin singgasananya di ambil akhirnya pada tahun 2015 lalu Toyota melakukan perubahan total pada mobil ini perubahan dan penyegaran agar tetap mengamankan singgasananya. Dengan catatan, tanpa harus menghilangkan kunci kesuksesan Toyota Kijang selama ini.

Innova tidak bisa lagi berjalan santai. Pesaingnya datang dari Negeri Cina dengan nama Wuling Cortez. Secara dimensi dan fitur, keduanya bersaing head to head, namun dari segi harga, diperkirakan Cortez akan jauh lebih murah.

3. All New Nissan Grand Livina

Mitsubishi telah bergabung dengan aliansi Renault & Nissan. Maka jangan heran jika kelak banyak kesamaan pada ketiga merek itu. Telah ramai dibicarakan ditambah lagi bocoran foto, publik berasumsi Livina baru akan menggunakan basis Xpander.

Secara keseluruhan desainnya serupa. Hanya saja ubahan dilakukan pada bagian depan mengadaptasi bahasa desain Nissan, V-Motion. Hal itu membedakan dengan Xpander yang kaku serta mengotak di segala sisi. Tarikan garisnya halus dan cenderung membulat. Selain itu perbedaan pada alur LED di bagian stoplamp juga menjadi identitas tersendiri.

4. All New Mitsubishi Xpander

Memang dari Modelnya, Xpander harus diakui, layak mendapatkan empat jempol. Begitu diperkenalkan kepada awak media beberapa waktu lalu, kami merasa Avanza dan Xenia terlihat kuno, sedangkan Ertiga dan Mobilio langsung tenggelam di balik desain Xpander.

Setelah sukses meraih lebih dari 11 ribu pemesanan, Mitsubishi Xpander siap untuk dieskspor. Negara tujuan pertama adalah FIlipina, dan kemudian akan merambah juga ke Malaysia dan beberapa negara ASEAN lainnya. Targetnya, 20.000 Xpander setiap bulan akan memasuki pasar ekspor ini.

5. All New Toyota Sienta

Jadi sebenarnya apa itu Toyota Sienta? Mobil ini diposisikan diantara Toyota Avanza dan Kijang Innova, dan pesaing terdekatnya adalah Honda Freed jika dilihat dari dimensi, kapasitas penumpang, dan sama-sama memiliki pintu geser elektrik.

Sebagai sebuah MPV, Sienta dibekali dengan tiga baris tempat duduk dan mampu menampung tujuh penumpang. Jok baris ketiganya bisa terlipat rata dengan lantai hanya dengan menggerakan satu tuas. Praktis bagi siapapun yang memerlukan ruang ekstra di belakang.

6. All New Daihatsu Terios

All New Terios mengalami perubahan total tidak hanya dari sisi desain, tapi juga fitur yang ditawarkan. Tak lain bertujuan untuk merebut kembali Singgasana di pasar Semi MPV yang beberapa tahun belakangan direnggut Honda BR-V. Apalagi eksistensi semakin terancam setelah kedatangan Mitsubishi Xpander MPV yang ber-DNA SUV.Tentu pekerjaan yang tak mudah bagi Daihatsu. Meski terkesan pengembangannya sangatlah singkat, Daihatsu tentu tak gegabah merancang mobil sesuai harapan konsumen Indonesia.

Memang harus diakui juga, rancangan Terios tidaklah original. Terbesit desain mobil lain, contohnya bagian muka yang mirip Honda CR-V generasi keempat. Terutama dari desain lampu menyipit ke atas dan mengapit grille ekstrabesar. Lampu utama ini sudah memakai LED yang hemat daya, begitu pula dengan lampu belakang. Buritannya sendiri ada kemiripan dengan Honda Mobilio. Di bagian tengahnya diberi warna hitam untuk membedakan dengan Toyota Rush.

7. Renault Tribber

Renault Indonesia sudah memperkenalkan dan menyatakan membuka inden Triber pada pekan lalu. Namun secara resmi, mini MPV yang diimpor dari India ini diluncurkan untuk publik di GIIAS 2019. Mobil ini rencananya akan di jual secara resmi pada akhir tahun 2019 dengan berbagai varian type dan harganya di prediksi mirip dengan Xpander. Untuk Kapasitas Kabinnya ada 7 penumpang dan bermesin 1.100 cc dengan 2 pilihan akselerasi yaitu Matic dengan automatic

Walaupun di katakan mirip dengan Xpander, namun pernyataan itu di bantah dengan bentuk tampilan depan dari Renault triber yang masih mengambil gambaran dari Renault Koleos dan Duster namun dari bentuk body memang Renault Triber ini memang hampir sama dengan Mitsubishi Xpander dan Toyota Terios.

8. Daihatsu Luxio

Daihatsu Luxio adalah versi mewah dari daihatusu Grand Max banyak yang sering lupa kalau mobil ini juga masuk dalam kategori Low MPV bersama Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi XPander, Suzuki Ertiga. Bahkan mungkin pembuatnya juga lupa kalau mereka punya produk ini. Kami katakan demikian karena begitu lamanya Luxio dalam pemasarannya. Hingga sekarang pun Daihatsu masih Menjualnya dalam kondisi baru di dealer-dealer resmi mereka.

Entah Apa yang ada dalam pikiran si pembuat mobil luxio ini yang hingga kini mobil ini masih sangat laku terjual dan dari daihatsu sendiri belum ada rencana untuk membuat luxio versi baru sama sekali. Namun saya Akui memang Daihatsu luxio ini memang cocok untuk keluarga indonesia, di samping bisa untuk mobil keluarga, Luxio juga menjadi mobil untuk sarana bisnis atau jualan lho.

9. All New Honda Oddysey

Walapun Umurnya sudah tak muda lagi, Honda Oddysey ini masih menduduki Peringkat pertama di Kelas Medium MPV dan hingga kini belum ada yang dapat menggeser singgasananya bisa di bilang honda oddysey ini berada di bawah Toyota Alphard yang merupakan MPV kelas High End. Saingan Honda Oddysey Sendiri terdapat Mazda Biante, Mitsubishi Delica dan Toyota Voxy.

Menurut Pemiliknya, Perasaan yang Pertama kali di rasakan saat mengendarai Honda Oddysey adalah Kesan Premium yang Berbau Classic saat mengendarainya, karena memang tidak terlalu banyak perubahan yang di lakukan honda pada mobil ini di karenakan tidak ingin kehilangan minat para pembelinya, yang rata-rata suka dengan bentuk dan tampilannya yang terkesan premium.

10. Kia Grand Sedona

Mungkin Dalam Segi Merk Perusahaan KIA memang tidak terlalu populer di indonesia, namun dari segi kualitas dan harga, Kia juga sangat Work it untuk masyarakat Indonesia apalagi KIA Grand Sedona ini yang dapat mengangkut 8 penumpang dengan Space ruang yang luas dan bagasi yang muat banyak. dan di lengkapi dengan berbagai fitur canggih di dalamnya yang dapat memanjakan penumpang.

Tenaga Dari Mobil ini juga sangatlah besar, dapat di buktikan ketika kalian melewati jalan menanjak, walaupun mobil dalam kondisi full penumpang. Mobil ini di bekali dengan mesin turbo 3.2L yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 270 Hp, Walapun tenaganya besar akan tetapi pemakaian bahan bakarnya sangatlah irit yaitu sekitar 14Km/Liter untuk daerah perkotaan dan untuk di daerah luar kota sekitar 12Km/Liter

Mungkin Sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya Admin Mohon Maaf
Share jika bermanfaat 😁👍

Thank For Read My Article

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

%d bloggers like this: