1
2

Sejarah Sholawat

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Di kesempatan kali ini saya akan membahas sejarah sholawat, dalam Surat Al ahzab ayat 56  di jelaskan sebagai berikut:

                            إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

yang artinya: “sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat Nya bershalawat untuk Nabi.Hai orang-orang yang beriman,bershalawatlah kamu untuk Nabi. Dan ucapkanlah salam kehormatan kepadanya.”

dalam Ayat tersebut dijelaskan bahwasanya Allah SWT dan malaikatnya itu bershalawat kepada Nabi, terutama kepada Nabi muhammad Saw. Dijelaskan bahwa Allah bershalawat dengan memuji seperti Yahabibullah atau dengan menyebut Ya nabiyyil karrim.

# Shalawat para sahabat :

Didalam tafsir jalalen karangan imam jalaludin asy syuyuti, Ayat tersebut menerangkan bahwasanya barangsiapa yang beriman kepada Nabi. Hendaknya ia senantiasa mengucapkan shalawat, dalam masa Nabi muhamad shalawat pertama kali dilakukan oleh warga madinah. Ketika itu Nabi muhamad baru saja tiba dimadinah, waktu itu warga madinah mengucapkan To laal badru alaina.

Sejak saat itu banyak sekali penyair- penyair shalawat yang muncul. dan waktu itu ada shalawat yang terkenal. Pada zaman sahabat yang syairnya bunyinya begini: ASSALAMU’ALAIKUM YAA HABIBULLOH, ASSALAMU’ALAIKUM YAA ROSULULLOH Dan ALLOHUMMA SHOLLI ‘ALAA SAYYIDINA MUHAMMAD. Dan disitulah penyair itu mulai berkembang dan menyebar luas hingga keseluruh negara

 

#Shalawat zaman now:

setelah zaman sahabat shalawat banyak di kaloborasikan dengan alat musik seperti:rebana, gendang, marawis, hadroh, dan lain sebagainya. contohnya di indonesia, masyarakat indonesia mengkaloborasikan sholawat dengan berbagai macam alat musik dan seni musik. seperti seni musik gambus, marawis, rebana, hadroh, dan bahkan ada oknum yang mencampur shalawat dengan nada koplo, mungkin hanya di indonesia saja yang mencampur koplo dengan shalawat.

Disini saya juga akan membahas beberapa penyair shalawat zaman now yang terkenal berikut biodata para penyair:

1. Habib syekh bin abdul qadir Assegaf:

Hasil gambar untuk habib syech

beliau adalah penyair shalawat yang berasal dari jawa tengah beliau lahir di solo 20 september 1961. beliau bukan hanya penyair shalawat, beliau juga mengisi ceramah lewat acara shalawatnya, beliau juga masih memiliki keturunan dengan keluarga Rosulullah SAW.

2. Nissa Sabyan:

Hasil gambar untuk nissa sabyan

orang indonesia pasti tidak asing dengan Nissa sabyan, nama lengkapnya adalah khoirunissa lahir pada tanggal : 23 mei 1999 batang jawa tengah dia adalah penyair shalawat dengan genre gambus, dia juga memiliki group yaitu sabyan gambus.

3. Guz Azmi:

Gambar terkait

Nama lengkap dari guz azmi adalah muhamad ulul azmi azkandar al-abshor lahir 23 april 2004 probolinggo dia asli keturunan jawa, dia memiliki group hadroh bernama syuhbbanul muslim dia menjadi vokalis utamanya.

mungkin itu beberapa penyair shalawat di indonesia yang masih trending dan banyak disukai di masyarakat. saya tidak bisa menjelaskan secara detail biodata dari para penyair karena sedikit informasi yang saya dapatkan

#waktu-waktu dianjurkan bershalawat:

  • Saat wirid doa pagi dan petang
  • Saat shalat tahajud perbanyaklah shalawat
  • Saat ingin bepergian
  • Saat sakit kita harus ingat dengan orang yang kita cintai yaitu baginda Nabi muhamad SAW

#Keutamaan membaca shalawat:

Rosulullah bersabda:

مَن صلَّى عليَّ صلاةً واحدةً ، صَلى اللهُ عليه عَشْرَ صَلَوَاتٍ، وحُطَّتْ عنه عَشْرُ خَطياتٍ ، ورُفِعَتْ له عَشْرُ دَرَجَاتٍ

“Barangsiapa bershalawat kepadaku satu kali maka Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali dan digugurkan sepuluh kesalahan (dosa) nya, serta ditinggikan derajatnya sepuluh kali di surga kelak” 

itu menunjukan betapa mulianya orang yang bershalawat kepada Nabi SAW tapi masih banyak fadilah yang lainya, selanjutnya adalah

*Diberikan syafaat oleh rosulullah SAW dihari kiamat nanti

*Mendapatkan pahala dari Allah SWT

*Mendapatkan ketenangan hati

mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan kurang lebihnya saya memohon maaf sebesar-besarnya

 

وصلى الله وسلم وبارك على نبينا محمد وآله وصحبه أجمعين، وآخر دعوانا أن الحمد لله رب العالمين

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

%d bloggers like this: